Pengikut

BLOG - BLOG PARTI PKR

Posted by Admin Direktori Blog | | Posted on 8:13 PG

sumber :-

BLOG - BLOG PARTI PKR


www.telokkemang.blogspot.com/

Posted: 29 Dec 2015 07:42 AM PST

www.telokkemang.blogspot.com/


Seputar Kepopuleran Motor Injeksi dan penanganan-nya Satu Dasawarsa di Indonesia

Posted: 28 Dec 2015 04:59 PM PST

Di kawasan Asia termasuk Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna sepeda motor paling banyak. Untuk itu berbagai jenis dan varian motor telah beredar. Dan generasi sepeda motor mesin Injeksi sudah mulai marak kehadirannya. Kehadiran jenis motor bermesin injeksi ini tak lain untuk menunjang tingkat emisi gas buang yang rendah dan juga efisiensi bahan bakar. Persaingan motor injeksi tak terasa semakin kuat di antara berbagai brand yang ada.

Persaingan paling besar pada motor bermesin injeksi dapat langsung dirasakan pada jenis skuter matic. Berlomba-lomba memberikan kualitas mesin terbaik baik segi performa maupun efisiensinya. Tapi kelas motor sport juga tak mau kalah. Bahkan hingga brand motor Italia, Ducati memboyong semua variannya ke Indonesia. Dan secara total mungkin jumlah motor injeksi di Indonesia termasuk kelas moge bisa mencapai 20 lebih. Tapi hanya sekitar 18 motor bermesin injeksi yang telah banyak beredar dan dipergunakan di Indonesia

Ngomong- ngomong soal Motor Injeksi. Apa itu Injeksi ?? Injeksi bahan bakar adalah sebuah Teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran untuk mencampur  bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Penggunaan Teknologi Injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaa karburator.karena system injector membuat bahan bakar tercampur secara homogen.

 hal ini menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat. Baik dalam proporsi dan keseragaman. Injeksi bahan bakar bisa berupa mekanik, elektronik maupun antara kedua nya. System pertama kali menggunakan injeksi mekanik, tapi pada taun 1980 an sudah mulai menggunakan injeksi system elektronik.

System elktronik modern menggunakan banyak sensor untuk mengawasi system kerja mesin dan sbuah unit control elektronik untuk menghitung jumlah ahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih baik.

Apabila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR (Air–fuel ratio)yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.

AFR :  Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control Module.

Electronic Control Module:  memiliki settingan dan kontrol yang sudah terstandar dari pabriknya. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi – kondisi cuaca tertentu. Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang nantinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin. Kurang lebih seperti inilah gambaran mengenai sistem injeksi pada motor. Konsepnya sama seperti sistem karburator, karena injeksi merupakan penyempurnaan dari sistem karburator.


Pelopor Motor Injeksi Di Indonesia
Perkembangan sepeda motor system injeksi di Indonesia popular di tahun 2005. Ketika PT. AHM (Astra Honda Motor) meluncurkan Honda Supra x 125 cc PGM-F1 konsumsi bahan bakar minyak (Bm) motor itu di  klaim 6% lebih hemat disbanding model Supra  x 125 karburator. Setelah AHM. Sekarang giliran PT. Yamaha Motor kencana Indonesia (YMKI) Motor ViXion 150 cc pada tahun 2007.


Suzuki juga meluncurkan  Motor Bertenagan Injeksi Shogun 125 cc Hyper Injection pada tahun 2008. Pada tahun 2008 kawasaki juga meluncurkan  KLX 250 dan yang terakhir TVS dengan Apache RTR 160 cc pada tahun 2009. Kelima Agen Tunggal merk tersebut adalah anggota asosiasi industry sepeda motor Indonesia. Dan Motor Ijeksi lainnya adalah Bajaj Pulsar 220 DTS-Fi.

Kini hampir semua merek sepeda motor di Indonesia sudah menjual berbagai motor dengan teknologi Injeksi. Dan seharusnya kita semakin paham dengan cara merawat motor injeksi dan mengawasi kondisi motor tersebut.

Kerusakan Motor Injeksi bisa diketahui  dengan komputerisasi yaitu pada lampu panel berwarna oranye. Jika lampu tersebut berkedip berarti ada yang tidak beres pada motor injeksi. Untuk menganalisisi tidak perlu makanik, kini pemilik sepeda motor tahu kalau ada kerusakan  pada motor.

Kunci nya adalah menjaga AKI dengan kondisi baik. Karena jika tegangan aki melemah kinerja  komponen injeksi juga ikut berpengaruh. Jika Aki sudah mulai Drop sebaiknya AKI dusah mulai diganti jagan biarkan kondisi tersebut sampai berlarut larut. Perawatan lainnya untuk motor ijeksi adalah jaga filter udara agar tetap bersih untuk menjadikan campuran bahan bakar dan udara agar tetap baik. Selanjutnya lihat performa Busi juga.

Usut punya usut mengenai AKI, bahwa Injeksi sensitive pada perangkat kelistrikan, itu adalah salah satu kelemahan motor injeksi, Injeksi memerlukan ECM untuk bekerja secara optimal dan ECM dikendalikan lewat Komputer melalui kelistrikan yang baik dan stabil. Maka Energi tersebut berasal dari AKI motor.


Walaupun demikian, opini sebagian orang menganggap Motor dengan pengapian mesin karburator  mempunyai kinerja putaran stasioneri dengan perbandingan campuran bensin dan udara yang kemudian disalurkan ke dalam mesin untuk dibakar. Dengan komposisi yang sederhana mesin karburator di klaim memiliki kelebihan lain yaitu perawatan mesin yang lebih  mudah serta biaya komponen suku cadang lebih terjangkau ketika terjadi kerusakan.  Mesin di Karburator juga tidak gampang rusak jika terkena air karena system kelistrikan lebih sederhana. Bahkan untuk meningkatkan performa nya hanya mengganti ukuran pilot jet atau main jet. Namun begitu Motor Injeksi lebih  baik dari segi efisiensi bahan bakar. Teknologi Injeksi adalah cara terbaik untuk mengontrol pemakaian bahan bakar di dunia dan berharap kedepan teknologi Injeksi bisa berkemampuan lebih baik lagi.

Comments (0)